Kamis, 18 Oktober 2012

Violin : The History


Dalam bahasa Inggris, violin artinya biola. Biola adalah alat musik dawai (alat musik senar) yang dimainkan dengan cara digesek dengan bow. Dalam Bahasa Indonesia, pemain biola disebut pebiola. Dalam bahasa Inggris, pemain biola disebut violinist. Berbeda dengan Violis yang berarti pemain viola.  

Bow










Dalam bahasa Inggris, violin artinya biola. Biola adalah alat musik dawai (alat musik senar) yang dimainkan dengan cara digesek dengan bow. Dalam Bahasa Indonesia, pemain biola disebut pebiola. Dalam bahasa Inggris, pemain biola disebut violinist. Berbeda dengan Violis yang berarti pemain viola.  

Bow

Biola memiliki 4 senar, yaitu senar G-D-A-E yang diatur sebagai interval ke-5. Interval maksudnya adalah jarak dari satu nada ke nada lainnya. Nada biola yang paling rendah adalah G. Dalam keluarganya, biola mampu menghasilkan nada yang tinggi dari pada yang lain. Biola yang terdiri dari 3 senar disebut Violetta.


Lets go to the history!

Alat musik dawai (senar) sebenarnya dimainkan dengan cara dipetik, seperti harpa dan kecapi. Secara garis besar, alat musik gesek lahir di Asia Tengah, dimana para penunggang kuda yang membuat dawai dari surrai kuda, yang dimainkan dengan busur yang terbuat dari surrai kuda, serta bentuk kepala instrument yang seperti kepala kuda. Biola seperti ini dikenal dengan biola tradisional.

Biola modern berkembang di bagian Eropa pada awal abad ke-16. Biola modern ini tak lepas dari pengaruh Timur Tengah. Kelahiran instrument biola diawali (di-cikal bakal-i) oleh 3 instrument senar diantaranya : rebec, vielle dan lira da braccio. Dan biola pun mulai tersebar di daerah Eropa. 

Andrea Amati adalah pencipta biola tertua (sekitar pertengahan abad ke-15) yang jumlah senarnya mencapai 4 seperti sekarang (dahulu senar biola hanya 3). Mulai saat itu, biola semakin banyak digemari. Sampai-sampai Raja Prancis Charles IX meminta Andrea Amati untuk membuatkan biola untuknya sebanyak 24 buah. Biola tertua yang kita bahas ini adalah salah satu diantaranya. Biola tersebut diberi nama Charles IX.

Andrea Amati

Biola "Charles IX"


Biola "Charles IX"

Pada abad ke-18, terjadi perubahan bentuk biola. Leher biola semakin panjang, yang dapat memengaruhi nada dan suara. Namun kini, biola yang seperti itu dijadikan standar bagi seniman pembuat biola. 


3 komentar: